Mengenal Lebih Dalam Superman Is Dead Band Punk Asal Bali Yang Mendunia

Superman Is Dead
Superman Is Dead

Apakah Anda mengenal Superman Is Dead atau SID? Yaps, merupakan salah satu band punk yang cukup terkenal di kancah nasional maupun Internasional. Dan pertama kali dibentuk pada tahun 1995 dengan nama Superman Is Silver Gun.

Pertama kali munculnya band ini, personilnya ada 2 orang yaitu Ari Astina alias Jerinx dan Budi Sartika (Bobbi Kool). Dengan perjalanan waktu, personilnya ditambah satu personil lagi yaitu Eka Arsana (Eka Rock). Dengan jumlah 3 orang personil ini, nama band yang bermula bernama Superman Is Silver Gun berubah nama dengan Superman Is Dead.

Beberapa album yang sudah dikeluarkan Superman Is Dead

Sejak awal berdirinya band Superman Is Dead, band ini sudah mengeluarkan beberapa album yang cukup terkenal juga. Adapun beberapa album yang sudah pernah dikeluarkan SID yaitu sebagai berikut:

  1. Case 15, tahun 1997
  2. Superman Is Dead, tahun 1998/1999
  3. Bad bad bad, tahun 2002
  4. Kuta Rock City (May 2003, Sony Musik Indonesia)
  5. The Hangover Decade (Dec 2005, Sony Musik Indonesia)
  6. Black Market Love (April 2006, Sony Musik Indonesia)
  7. Angels And The Outsiders (February 2009, Sony Musik Indonesia)

Kisah karir dari Superman Is Dead saat ini

Dengan beberapa pengeluaran hk album yang telah dikeluarkan oleh SID, membuat band ini cukup terkenal dan mendunia di kancah nasional maupun Internasional. Perjalanan bermusik band ini, dilaluinya dengan jatuh bangun dan tidak gampaSuperman Is Dead juga pernah berduet dengan Iwan Fals, pada tanggal 30 Maret 2019 lalu.

Konser tersebut bertajuk ‘’Aku Cinta’’ dan dihadiri oleh para penggemar Iwan Fals maupun SID. Band ini juga merasakan konser yang tidak mengenakan saat manggung di sebuah kampus, Medan. Konser tersebut digelar tahun 2003 lalu.ng dalam mencapai di titik tertinggi ini.

Di Medan, Jerinx dan kawan-kawan mendapatkan perlakuan yang tidak mengenakan dari para penonton. Penonton berteriakan penuh cacian dan juga kebencian. Sehingga pertengahan lagu, Jerinx dan kawan-kawan harus menghentikan konser tersebut dan sangat mengganggu keselamatannya.

Susahnya berperang dalam industri musik tanah air, membuat mereka tidak pantang menyerah dalam merebut kejayaan dan kesuksesan. Memang diakui oleh Jerinx, Superman Is Dead dibentuk untuk menyalurkan bakat saja, bersenang-senang dalam bermusik dan have fun.

Saat sedang merintis karir bermusik, SID dalam mencari panggung yang memperbolehkan membawakan lagu-lagu punk dan lagu sendiri juga tidak gampang dan merupakan hal yang sulit. Ditambah lagi, penampilan mereka yang terkenal sangar membuat orang yang melihatnya takut.

Langkah Jerinx dan kawan-kawan untuk membumikan lagu-lagu miliknya dengan penuh semangat militant dari mereka bertiga. Mulai cetak album sampai mengirimkannya sendiri ke distro-distro di Bali, maupun luar Bali.

Perjalanan Superman Is Dead awalnya mengikuti pengaruh Green Day dan NOFX pada album pertama mereka. Dan mereka memutuskan teguh dengan gaya musik mereka sendiri. Dengan berubahnya, gaya musik mereka ini membuat para penggemar bertahan dan tetap setia.

Album musik Sunset Di Tanah Anarki yang dikeluarkan pada tahun 2013 lalu, album ini laris di pasaran dan terkenal bagi kalangan anak muda. Apalagi untuk para penggemar Outsiders dan Lady Rose. SID juga gagah berani menyelipkan lirik-lirik lagunya dengan mencampurkan unsur sosial di dalam lagunya.

Bukan itu saja, lirik-lirik yang dimiliki Superman Is Dead banyak yang terkenal magis. Meskipun liriknya yang dapat memekkan telinga, lagu-lagunya banyal disukai apalagi untuk Anda yang tidak suka musik rock dan akhirnya dapat suka.

Band ini juga tersohor dengan kepiawaiannya dalam mencari tema dengan kondisi yang terjadi disekitar mereka. Bahkan sindiran juga membuat terkesan bagi orang yang mendengar lagunya. Mereka juga rendah hati dapat merangkul orang-orang yang belum familiar dengan lagu-lagu mereka.

Memang musik rock mereka bisa memekakkan telinga apalagi untuk penggemar Outsiders, tetapi bukan alasan kalau penggemar mereka juga banyak yang didominasi oleh cewek-cewek berhijab. Apakah Anda salah satu Lady Rose yang berhijab?

Lagu-lagu SID kebanyakan yang bernuansa pemberontakan, keadilan dan juga kebebasan. Maka jarang lagu-lagu mereka yang bernuansa cinta. Mungkin ada cara tersendiri mereka dalam mengungkapkan perasaan cinta kepada seseorang ataupun dengan yang lainnya.

Jiwa punk rock mereka bukan hanya terlihat covernya saja, tetapi mereka juga menggunakan dalam kehidupan mereka sehari-hari. Contohnya pada peristiwa reklamasi Bali. Jerink juga memberikan suaranya akan kondisi yang terjadi di tempat kelahirannya tersebut.

Superman Is Dead juga telah membuktikan bahwa punk rock jangan saja dipandang sebelah mata. Melalui kegiatan ataupun dengan memberikan suara kepeduliannya terhadap masalah sosial yang terjadi di negeri ini.

Untuk kalian para Penggemarnya, Outsiders dan Lady Rose, kalian juga harus bisa mencontoh dari idola kalian. Karena punk rock jangan anggap hina, itu belum tentu. Jika kalian ingin dipercaya dengan orang lain buktikan dengan sebuah pembuktian yang real bukan hanya omong kosong belaka.