Mengenal Lebih Dekat Sosok Log Zhelebour Promotor Rock di Indonesia

Log Zhelebour
Log Zhelebour

Musik rock mengalami berbagai macam evolusi yang turut mengharumkan nama sejumlah musisi pada masanya. Beberapa diantaranya adalah The Beatles, The Yardbirds, The Who, The Clash, Sex Pistols, dan The Ramones.

Tetapi di Indonesia, sosok Log Zhelebour merupakan yang termahsyur dalam dunia rock. Seorang lelaki asal Surabaya yang menjadi promotor rock di Indonesia itu sebenarnya bernama lengkap Ong Oen Log.

Sebagai seorang promotor rock di Indonesia, Log Zhelebour juga turut berperan dalam ketenaran band Jamrud. Jasa-jasanya dalam sejarah rock di Indonesia dapat dirasakan oleh banyak orang. Lantas, siapa sebenarnya Log Zhelebour ini? Simak ulasannya!

Mengenal Sosok Log Zhelebour

Lahir pada pertengahan bulan Maret 1959, pria yang kini berusia 60 tahun tersebut banyak menghasilkan produk rock. Beberapa musisi yang sempat merasakan tangan dinginnya ialah Mel Shandy, Nicky Astria, Power Metal, hingga Jamrud.

Selain Log Zhelebour Production, promotor rock di Indonesia tersebut melebarkan sayap bisnisnya seperti Log Sound, Log Lighting, Log Show Promotor, dan sebagainya. Berkat produknya itu, pria beranak satu tersebut meraih penghargaan AMI Award untuk kategori Album Rock Terbaik.

Menangani Sejumlah Band Terkenal

Berkiprah di bidang promotor sejak 1977, Log awalnya memilih fokus menjadi promotor di dunia disko. Biar bagaimanapun, disko menjadi salah satu musik populer saat itu. Maka sebagai penunjang karirnya, Log mulai mendirikan Log Zhelebour Production.

Pada 1979, promotor rock di Indonesia ini mulai naik daun setelah mengadakan Rock Power dengan SAS serta Super Kid yang menjadi bintang pagelarannya.

Akan tetapi, kiprahnya di dunia promotor langsung melejit ketika menggelar sebuah festival rock di Indonesia. Selama itu, Log tercatat melakukan festival rock sebanyak 11 kali sejak 1984. Hanya saja, krisis moneter yang terjadi antara 1997-2000 membuat festival rock yang dilaksanakannya sempat terhenti.

Sempat terpaksa berhenti, tidak membuat Log turut menghentikankegiatannya dalam berkarya. Promotor rock di Indonesia itu melakukan kegiatan rekaman bersama band besar antara lain Boomerang, God Bless, dan juga Jamrud. Sejak rekaman itu pula nama Jamrud menjadi melejit lewat album-albumnya yang rilis tahun 1996-2000.

Berkat kegiatan bersama management promotor rock di Indonesia itulah Jamrud meraih predikat nomor satu grup rock di Indonesia. Sejumlah album Jamrud yang dirilis sepanjang tahun 1996-2000 terjual lebih dari tiga juta CD dan membuat Jamrud berhasil memborong 5 kategori AMI Award pada tahun 2001.

Bahkan, berkat penghargaan yang diraih Jamrud, membuat band lokal tersebut melakukan tour bersama Log ke 120 kota dengan didanai Djarum, diberi kesempatan untuk melakukan show di negara Korea dan Jepang, serta melakukan proses rekaman di negara Kangguru pada 2002.

Tidak hanya Jamrud, Log juga menangani band-band internasional semacam Mr. Big, White Lion, Skid Row, Helloween, sampai Sepultura pun dipromotori Log untuk melakukan tur dan tampil di berbagai kota di tanah air.

Mengadakan Sejumlah Festival Besar

Tercatat pernah melakukan sejumlah konser besar sebanyak 11 kali, promotor rock di Indonesia tersebut memiliki rekam jejak karir yang fantastis. Konser pertamanya dimulai sejak 1979 dimana ia menggelar konser untuk band-band lokal.

Log merupakan orang pertama yang menggelar festival rock di Indonesia. Sepanjang 11 kali ia melakukan festival, delapan festival disponsori oleh perusahaan Djarum hingga terkenal dengan nama Djarum Super Rock Festival. Festival tersebut yang terjadi di tahun 1984-1987, 1989, lalu 1993, serta 2001 dan 2004.

Sedangkan festival yang dilaksanakan oleh promotor rock di Indonesia pada 1996 didanai oleh Indosiar, serta di tahun 1991 dan 2007 didanai oleh Gudang Garam.

Sebenarnya, festival yang diselenggarakan promotor rock di Indonesia pada 2004 akan menjadi festivalnya yang terakhir. Tetapi Gudang Garam Rock Competition pada 2007 menjadikannya kembali merilis album Positive Thinking dan berlanjut pada album Kobe lainnya.

Tak hanya itu, pada 2012 Log menggeret WIN Mild sebagai sponsor tur Jamrud di 11 kota. Dua tahun berikutnya, Log kembali merilis album dan menggelar konser di sejumlah kota-kota besar. Bahkan, tiket konser yang diselenggarakan pada tahun 2015 langsung habis hanya dengan dipasarkan melalui Log Music Gallery.

Banyaknya perhelatan musik yang digelar oleh Log Zhelebour rupanya akan benar-benar berakhir. Promotor rock di Indonesia itu mengaku lebih memilih menghabiskan waktunya bersama keluargameskipun pihak sponsor menawarinya untuk kembali melakukan gudang Garam Rock Competition.

Meski dipastikan akan pensiun dalam waktu dekat, Log berencana akan menyelenggarakan konser pengeluaran sgp di beberapa kota sebagai salam perpisahan. Rencananya, ia menggelar konser yang menggambarkan perjalanan karirnya selama ini, dan diharapkan akan menginspirasi musisi-musisi lain di tanah air.

Itulah ulasan mengenai sosok promotor rock di Indonesia, perjalanan karirnya yang tak singkat akan terus membekas di benak para pecinta musik rock.